ANALISIS KINERJA DAN HAMBATAN PETUGAS FILING DI RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA PERFORMANCE ANALYSIS AND OBSTACLES OF FILING ASSISTANT IN PKU MUHAMMADIYAH HOSPITAL YOGYAKARTA

Dina Fitriana Rosyada, Savitri Citra Budi

Abstract


Latar Belakang:Salah satu kegiatan yang dilakukan di unit kerja rekam medis di suatu rumah sakit adalah filling berkas rekam medis yang merupakan media untuk penyimpanan, penyedia dan pelindung dikumen rekam medis. kegiatan tersebut dapat berjalan dengan baik apabila terdapat fasilitas yang menunjang yakni rak penyimpanan dokumen rekam medis sehingga berkas dapat tertata dengan baik dan akan mempermudah dalam penemuan serta pengambilan berkas rekam medis. Peran kinerja petugas filing memiliki peranan penting sebagai ujung tombak penyediaan berkas rekam medis pasien yang akan berobat di suatu rumah sakit. Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kinerja dan hambatan yang ditemui oleh petugas filing di Rumah Sakit PKU Muhamadiyah Yogyakarta.

Metode:Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif. Populasi dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh petugas filing di RS PKU Muhammadiyah Yogyakarta yaitu ada 5 orang petugas filing.Cara pengumpulan data dengan wawancara. Analisis penelitian dilakukan secara deskriptif.

Hasil Penelitian: Dari hasil penelitian diperoleh waktu rata-rata petugas filing menyelesaikan tanggungjawabnya dalam menyediakan berkas rekam medis tergolong dalam memenuhi waktu yang ditetapkan dalam standar pelayanan minimal rumah sakit (SPM). Dimana rata-rata waktu penyediaan berkas adalah kurang dari 2 menit. Petugas filingRS PKU Muhammadiyah melakukan perannya dengan cekatan dimana secara waktu sudah memenuhi SPM.

Kesimpulan: Dari hasil penelitian diperoleh data adanya kesesuaian kinerja petugas bagian filing dalam menyediakan berkas rekam medis sudah sesuai dengan standar pelayanan minimal rumah sakit yakni dengan batas waktu kurang dari 10 menit. Pemenuhan standar pelayanan minimal rumah sakit tersebut dapat memberikan gambaran bahwa kinerja petugas filing sudah dapat dikatan baik. Hal ini didukung oleh banyak faktor yakni meliputi adanya adaptasi petugas dengan ruang filing yang ada, faktor lama kerja, riwayat mengikuti training tentang pengelolaan rekam medis dan keterampilan kerja. Namun factor usia juga akan mempengaruhi gerak cekatan petugas, sehingga perlu dipertimbangkan bila petugas menua dan semakin lamban dalam bekerja. 


Full Text:

Hal. 12-17

Refbacks

  • There are currently no refbacks.