EVALUASI KELENGKAPAN RESUME PASIEN PULANG DALAM RANGKA UPAYA PENINGKATAN MUTU DAN KESELAMATAN PASIEN (PMKP) DI RSUD AJIBARANG

Budiana Marini

Abstract


Salah satu standar akreditasi menyebutkan rumah sakit harus melakukan Upaya Peningkatan Mutu dan Keselamatan Pasien (PMKP), termasuk Indikator Mutu Kunci (IAK)

9. Di RSUD Ajibarang IAK 9 yang menjadi prioritas adalah Kelengkapan Resume Pasien Pulang, pada bulan Januari Tahun 2017 baru mencapai 20,69%. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui kelengkapan resume pasien pulang. Jenis penelitian menggunakan penelitian deskriptif observasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah rekam medis rawat inap yang sudah dikembalikan ke Instalasi Rekam Medis (restrospective). Cara pengumpulan data Systematic random sampling dengan checklist, dengan sampel sejumlah 58 sampel. Hasil: Persentase kelengkapan resume pasien pulang menunjukkan trend meningkat, Pebruari (48,28%), Maret (48,28%), april (62,06%), Mei (72,41%). Ketidaklengkapan terbanyak adalah diagnose masuk/alasan dirawat mencapai 21 sampel (36%). Trend kelengkapan resume pasien pulang dari bulan ke bulan menunjukkan peningkatan yang baik dan mendekati standar (100%). Upaya perbaikan mutu di RSUD Ajibarang menggunakan Siklus PDSA.Simpulan: Trend Kelengkapan resume pasien pulang di RSUD Ajibarang menunjukkan hasil yang meningkat meskipun belum sesuai standar (100%) dan harus dilakukan upaya perbaikan secara terus menerus.


Full Text:

Hal.11-19

Refbacks

  • There are currently no refbacks.