PEMENUHAN MUTU PELAYANAN PROSES PENDAFTARAN PASIEN DI PUSKESMAS DINAS KESEHATAN KABUPATEN SUKOHARJO
Abstract
Proses pendaftaran pasien memenuhi kebutuhan pelanggan dan didukung oleh sarana dan lingkungan yang memadai merupakan salah satu dari standar Bab VII Layanan Klinis yang Berorientasi Pasien (LKBP). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji pemenuhan mutu pelayanan proses pendaftaran pasien di Puskesmas Dinas Kesehatan Kabupaten Sukoharjo. Jenis rancangan penelitian ini adalah observasional. Sampel penelitian ini sebanyak 12 Puskesmas di Dinas Kesehatan Kabupaten Karanganyar. Variabel penelitian ini adalah standar proses pendaftaran pasien. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan cheak list dan pedoman wawancara. Cara pengumpulan data dengan observasi, studi dokumen dan wawancara. Analisis data penelitian dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ditemukan nilai rata – rata pencaian pada; kriteria 1 Proses pendaftaran pasien memenuhi kebutuhan pelanggan dan didukung oleh sarana dan lingkungan yang memadai di Puskesmas DKK Sukoharjo; 64%, kriteria  2 informasi tentang pendaftaran tersedia dan terdokumentasi pada waktu pendaftaran;81%, kriteria 3 hak dan kewajiban pasien, keluarga, dan petugas; 68,25%. kriteria 4 tahapan pelayanan klinis diinformasikan kepada pasien untuk menjamin kesinambungan pelayanan; 84,5%. Simpulan kriteria 1 dan kriteria 2 nilai rata – rata pencapaiannya < 80%.
Full Text:
Hal. 86-92Refbacks
- There are currently no refbacks.