MANAJEMEN PELAYANAN PENDAFTARAN PASIEN TPPGD DALAM RANGKA PENCEGAHAN PENULARAN COVID-19 DI RS X TAHUN 2021

Ngesti Wahyuni, Retno Astuti Setijaningsih

Abstract


Adanya wabah Corona virus disease 2019 (Covid-19) di dunia membuat pemerintah dan rumah sakit
bekerja keras dalam melakukan penanganan penyebaran virus ini. Berdasarkan hasil wawancara
dengan Kepala Bagian IGD RS X pelayanan pasien Covid-19 dialihkan ke bagian IGD. Berdasarkan
hasil survei yang telah dilakukan, ditemukan bahwa sering terjadi penumpukan pasien yang abai
akan protokol kesehatan, dan petugas TPP tidak menggunakan sarung tangan ketika memberikan
pelayanan. Penelitian ini disusun untuk mengetahui bagaimana manajemen pelayanan pendaftaran
pasien TPPGD RS X dalam rangka pencegahan penularan Covid-19. Metode penelitian ini adalah
deskriptif kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Pengolahan data yang digunakan adalah
editing dan tabulasi. Subjek pada penelitian ini adalah petugas TPPGD, Kepala Bagian IGD yang
diwawancarai secara daring menggunakan Google Form. Objek dalam penelitian ini adalah tempat
pendaftaran pasien dan sarana ruang tunggu dalam rangka pencegahan penularan Covid-19 di RS
X tahun 2021. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 75% petugas TPPGD bukan seorang
PMIK dan pengetahuan petugas tentang SE No. HM 01.01./002/III/2020 tentang Prosedur Kerja
Perekam Medis dan Informasi Kesehatan (PMIK) dalam Situasi Wabah Covid-19 (DPP PORMIKI)
kurang. Dari analisa data yang dilakukan terkait manajemen pelayanan pendaftaran paling banyak
75% responden tidak memakai sarung tangan bedah dan tidak terdapat wastafel untuk mencuci
tangan. Pada sarana ruang tunggu pasien tidak diatur untuk menjaga jarak. SE dari PORMIKI terkait
Prosedur Kerja Perekam Medis dan Informasi Kesehatan (PMIK) dalam Situasi Wabah Covid-19
dapat membantu proses pelayanan pendaftaran pasien guna mencegah penularan Covid-19 di RS X
tahun 2021 serta perlu adanya pemberian tanda silang pada kursi tunggu dan wastafel di bagian pintu
masuk TPPGD.
Kata kunci: Manajemen Pelayanan Pendaftaran, Prosedur Antrian, Sarana Pendaftaran


Full Text:

Hal 63-73

Refbacks

  • There are currently no refbacks.