PEMBUATAN CHATBOT (BALAS PESAN OTOMATIS) WHATSAPP DENGAN APLIKASI AUTORESPONDER WA UNTUK LAYANAN PENDAFTARAN DI RUMAH SAKIT MATA “DR. YAP” YOGYAKARTA

Anisa Nur Aini, M. Syairaji, Luqman Al Hakim

Abstract


Pendaftaran layanan kesehatan secara online telah banyak diterapkan oleh fasilitas pelayanan
kesehatan. Metode pendaftaran online tersebut bertujuan untuk memudahkan pasien mendaftarkan
diri tanpa harus berkunjung ke lokasi secara langsung. Media pendaftaran online yang disediakan
oleh fasilitas kesehatan bermacam-macam mulai dari Whatsapp, website, sampai dengan aplikasi
lain yang dikembangkan oleh fasilitas kesehatan tersebut. Rumah Sakit Mata “Dr. Yap” menyediakan
layanan pendaftaran pasien melalui Whatsapp. Awalnya respon chat kepada pasien dilakukan secara
manual atau satu per satu oleh petugas sehingga tidak efisien. Bagian pendaftaran ingin berinovasi
agar pelayanan pendaftaran pasien secara online dapat dilakukan lebih cepat yaitu menggunakan
chatbot. Pembuatan chatbot menggunakan aplikasi Autoresponder WA. Aplikasi tersebut membantu
dalam pembuatan format chat yang dibutuhkan oleh bagian pendaftaran. Chatbot dapat digunakan
pada Whatsapp dengan cara mensinkronisasikan aplikasi Autoresponder WA dengan Whatsapp. Saat
ini, Rumah Sakit Mata “Dr. YAP” Yogyakarta telah memanfaatkan chatbot tersebut pada pelayanan
pendaftaran pasien online. Pemanfaatan chatbot sebaiknya terus dilanjutkan untuk mempercepat
proses pendaftaran pasien.
Kata Kunci: Chatbot, Pendaftaran Pasien Online, Whatsapp


Full Text:

Hal 115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.