STUDI DESKRIPTIF TINGKAT KEPUASAN PASIEN PENDAFTARAN RAWAT JALAN SISTEM ONLINE DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN

Nirma Yunita, Eka Rahma Ningsih, Husin Husin

Abstract


Kepuasan pasien dianggap sebagai salah satu dimensi yang sangat penting dan merupakan salah satu indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan. Rumah Sakit Islam Banjarmasin pendaftaran pasien rawat jalan menggunakan pendaftaran online melalui website, kemudian check in online dan mengantri ke loket pendaftaran melakukan fingerprint. 14 orang pasien baru fingerprint 4 kali jari kanan, kiri dan 1 kali untuk SEP. 10 orang pasien lama mengulang fingerprint, 2 orang keluarga pasien tidak dapat mendaftar, sehingga waktu tunggu lama. Tujuan penelitian mengetahui tingkat kepuasan pasien pendaftaran rawat jalan sistem online. Metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan variabel tingkat kepuasan pasien, teknik pengambilan sampel Accidental Sampling, dengan menggunakan kuesioner 100 sampel. Hasil penelitian yaitu tingkat kepuasan pasien pendaftaran rawat jalan berdasarkan dimensi: bukti fisik (tangibles) puas sebanyak 91 responden (91%), kehandalan (reliability) puas sebanyak 91 responden (91%), ketanggapan (responsiveness) puas sebanyak 91 responden (91%), jaminan (assurance) puas pada sebanyak 91 responden (91%), empati (emphaty) puas sebanyak 97 responden (97%). Dimensi prioritas peningkatan kepuasan pasien pendaftaran rawat tidak puas sebanyak 9 responden (9%), sehinga prioritas peningkatan kepuasan pasien pada pendaftaran rawat jalan yaitu bukti fisik (tangibles), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness) dan jaminan (assurance).

Full Text:

347-358

Refbacks

  • There are currently no refbacks.